About this entry

Pemeliharaan Gas Turbine Generator


Bagi yang belum mengetahui gas turbine itu apa, mungkin bisa tanya langsung ke wikipedia di sini. Lengkap disediakan di sana dari mulai cara kerja, fungsinya apa, bentuknya seperti apa, sampai kurva-kurva yang mendukungnya. Pada kesempatan kali ini sedikit saya jabarkan tentang masalah pemeliharaannya. Saya tuliskan setahu saya, mungkin tidak lengkap, bahkan mungkin saja ada kesalahan. Dan apabila memang itu terjadi saya mohon koreksinya.

Di pabrik tempat saya bekerja, gas turbine digunakan untuk memutar generator, yang pada akhirnya menghasilkan listrik. Atau istilahnya sebagai pembangkit listrik. Disebutkan kapasitas total mencapai 11MW tapi hanya digunakan maksimal 10MW. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang umur gas turbine itu sendiri. Digunakan dua macam bahan bakar, bisa gas, bisa juga solar. Hal ini dikarenakan pasokan gas ke pabrik kami terkadang terhambat, dan apabila hal itu terjadi maka dengan sangat terpaksa kamipun harus menggantinya ke solar. Dengan konsekwensi menurunnya usia gas turbin, semakin sering gonta-ganti bahan bakar, semakin cepat rusak. Mungkin seperti itu analoginya. Karena kemungkinan crack terjadi semakin besar.

Pola pemeliharaan menggunakan time base, berdasarkan waktu , run hours. Sampai September 2011 tercatat hampir 30000 runing hours, dan gas turbin tersebut sudah melalui 4 kali Combustion Inspection (CI), 1 kali Hot Gas Path Inspection (HGPI), dan 1 kali Major Inspection (MI) jika digabungkan dengan yang Agustus kemarin.

Lalu apa beda CI, HGPI dan MI? Mudahnya seperti ini: CI hanya membuka dan meng-inspect combustion part dari turbine. HGPI selain memeriksa combustion part juga membuka cover turbine, jadi bucket dan nozzle turbine bisa dilihat di sini. Nozzle juga bisa di ganti pada saat ini. Bagaimana dengan MI? MI, Major Inspection berarti pemeriksaan total, semua di buka, bahkan rotor diangkat. Compressor pun terbuka, jadi bisa dilihat kelainan-kelainan yang terjadi pada seluruh bagian gas turbin dari inlet sampai exhaust. Dari compressor sampai turbine, penggantian bearing pun dilakukan pada saat ini. Diperiksa semuanya, baik crack, ke-aus-an, limit clearance, alignment-nya sampai rubbing akibat gesekan.

Lalu kapan dilakukan CI? kapan HGPI dan kapan MI? Biasanya pabrikan gas turbine menentukan waktu diadakannya inspect tersebut. Secara umum pola yang terjadi adalah CI-CI-HGPI-CI-CI-MI-CI-CI-HGPI-CI-CI-MI-… demikian seterusnya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika terjadi suatu kelainan tindakan-tindakan khusus diadakan.

Itu sekilas dari pemeliharaan gas turbin, benar-benar sekilas. Mohon maaf jika ada kekeliruan, maklum masih hijau…

 
About Me | Author Contact | Template Basic On Adara | Powered By Blogspot | © Copyright  2012