Heat recovery

About this entry

Heat recovery yaitu proses memanfaatkan energy dari panas pembuangan untuk tujuan yg bermanfaat. Pemanfaatan energy panas kemungkinan besar digunakan untuk pemanasan ruangan, suplai air dan rumah kaca.
Heat recovery system merupakan system yang kompleks yang membutuhkan banyak parameter untuk dipertibangkan. Temperatur out dari panas pembuangan yang sesuai dan aplikasi dari pemanfaatan panas pembuangan ini merupakan kunci utama dari heat recovery system.
Teknologi heat recovery menggunakan panas pembuangan dari satu proses dan menghasilkan panas panas yang dimanfaatkan untuk proses lainnya.

biaya awal untuk input panas digantikan dengan memanfaatkan input panas dari satu proses system untuk system lainnya. Temperatur dari panas pembuangan merupakan factor yang paling menentukan tingkat keefektifan heat recovery system. Pada gambar 1 dibawah ini menunjukan material dan aliran energy untuk satu proses. Pada proses tersebuy, panas p[embuangan dimasukkan ke input aliran untuk regenerasi panas.

Pada akhirnya heat exchanger merupakan alat utama yang menentukan seberapa banyak energy panas yang dimanfaatkan. Heat exchanger tersedia dalam beberapa tipe dengan spesifikasi pengoperasian masing-masing yang khas. Beberapa heat exchanger mencampurkan dua aliran sedangkan tipe yang lainnya hanya memindahkan energy panas dari satu aliran ke aliran lainnya.Heat exchanger didesain dengan spesifikasi range temperature, oleh karena itu range temperature yang berbeda membutuhkan heat exchanger yang berbeda pula.

Baca Juga Yang Dibawah Ini:


 
About Me | Author Contact | Template Basic On Adara | Powered By Blogspot | © Copyright  2012