KESELAMATAN KERJA UMUM – POKOK-POKOK KESELAMATAN KERJA

About this entry

Melalui beberapa tahun menyelidiki kecelakaaan dan penelitian dalam rekonstruksi kecelakaan, para pemimpin dalam bidang pencegahan kecelakaan keja telah menyimpulkan bahwa ada alasan khusus mengapa kecelakaan terjadi. Mereka menemukan bahwa keselamatan pekerja bergantung pada perilaku pekerja dan faktor manusia. Mereka membuat sepuluh aturan keselamatan kerja dan, mungkin diantara anda mungkin telah mendengar itu sebelumnya, itu ada baiknya diulang:

  1. TETAPLAH WASPADA – dan tetaplah hidup. Semakin terjaga seorang pekerja, semakin kecil kemungkinannya dia cedera. Jika anda tidak yakin cara mengoperasikan peralatan atau melakukan suatu tugas, tanyakan penyelia anda. Jangan menduga-duga dan coba-coba. Pastikan anda tahu sebelumnya cara yang benar dan aman untuk melakukannya.

 2. PAKAILAH PAKAIAN YANG BENAR – pakaian kerja harus pas dipakai. Setiap yang dapat tersangkut pada peralatan atau membuat anda tersandung adalah berbahaya. Pakailah pakaian dan alat pelindung sebagaimana yang disyaratkan.

 3. GUNAKAN PERKAKAS YANG TEPAT – jika anda memerlukan palu, dapatkan palu. Mungkin lebih nyaman menggunakan tang, wrench, obeng atau bahkan tinju anda. Namun anda hanya bisa menyalahkan diri anda sendiri jika jari anda patah.

 4. BELAJARLAH CARA UNTUK MENGANGKAT – Pengangkatan memerlukan lebih dari sekedar otot; ini adalah seni. Jangan mencoba untuk menunjukkan betapa kuat anda; anda mungkin akan parkir di rumah sakit. Mintalah bantuan untuk menangani sesuatu yang terlalu berat atau terlalu besar untuk anda.

 5. JANGAN JADI PELAWAK – lelucon praktis dan main-main dapat berbahaya di sekitar peralatan. Jika anda merasakan dorongan untuk bermain, lawan dorongan itu sampai usai kerja.

 6. RAPILAH – Kebersihan & kerapian yang baik mengurangi bahaya di tempat kerja atau di rumah anda. Selalu simpan perkakas bila tidak digunakan. Jaga kebersihan lantai, ambil kotoran, bersihkan tumpahan. Tergelincir atau terantuk dapat mengakibatkan kematian.

 7. PELAPORAN PENTING – Jangan sekali-kali gagal melaporkan kecelakaan, peralatan cacat, dan kondisi tidak aman.

 8. DAPATKAN P3K SEGERA – jika anda terluka – meskipun itu hanya tergores. Tidak peduli terhadap cedera dapat mengarah kepada infeksi serius, berminggu-minggu waktu kerja hilang, bahkan cedera permanen.

 9.DUKUNG PROGRAM KESELAMATAN KERJA ANDA – Jika anda mempunyai ide yang anda yakini akan mengurangi kecelakaan, sampaikan kepada penyelia anda mengenai hal tersebut. Berikan contoh dengan mematuhi aturan keselamatan kerja. Bekerjasamalah dengan panitia keselamatan kerja anda.

 10. JANGAN SEKALI-KALI AMBIL RISIKO – Menyusul kecerobohan tolol, jalan pintas adalah mungkin pembunuh terbesar dari semuanya. Untuk menghemat satu atau dua menit, anda mungkin akan kehilangan seumur hidup. 

Apapun yang anda lakukan, jika anda melakukannya dengan tidak aman, anda tidak melakukannya dengan benar!!




Baca Juga Yang Dibawah Ini:

 
About Me | Author Contact | Template Basic On Adara | Powered By Blogspot | © Copyright  2012