Material Safety Data Sheet MSDS

About this entry

Material Safety Data Sheets or MSDS, jika dibaca dan diikuti, adalah alat yang kuat untuk mengendalikan paparan bahan kimia.
MSDS ditulis oleh pabrik bahan kimia untuk bahan kimia yang mereka produksi atau impor. Tujuan MSDS adalah untuk mengkomunikasikan informasi mengenai penggunaan dan prosedur penanganan aman yang dianjurkan untuk bahan kimia tersebut.

Kategori

MSDS mungkin kelihatan berbeda, namun secara umum perusahaan mengharuskan bahwa semua MSDS harus memberikan kategori informasi tertentu mengenai bahan atau campuran bahan kimia :
·       identifikasi (fisika dan kimia),
·       unsur berbahaya, prosedur darurat dan pertolongan pertama,
·       tindakan pengendalian yang dianjurkan, bahaya fisik dan kesehatan,
·       tindakan keselamatan penanganan aman, tanggal penyiapan/revisi,
·       nama, alamat dan nomor telpon pabrik.
disyaratkan untuk mengumpulkan dan menyediakan akses tanpa halangan terhadap kumpulan MSDS untuk semua bahan kimia yang ditemukan dalam area kerja anda. Ketahui dimana kumpulan MSDS ini berada. Baca dan ikuti rekomendasi MSDS.

Identifikasi

Untuk produk/bahan kimia apa MSDS ini?

Unsur berbahaya

Berapa banyak dari material ini yang dapat terpapar dengan aman kepada saya?
Bagaimana saya akan tahu jika saya terlalu banyak terpapar pada bahan kimia ini?

Keadaan darurat dan prosedur pertolongan pertama

Langkah-langkah pertolongan perama apa saja yang harus saya ikuti? Apa yang terjadi terhadap saya jika bahan kimia ini ...
tertelan? ;terkena kulit saya?;  terhirup?;  masuk mata saya?

Tindakan pengendalian yang dianjurkan

Jenis tindakan pengendalian apa saja yang harus saya gunakan untuk melindungi diri anda?
Apa yang harus saya lakukan jika ada tumpahan atau kebocoran?

Bahaya fisika

Bahaya fisika apa saja yang dipaparkan oleh bahan kimia ini?
Jika bahan kimia ini terbakar, apa yang harus saya gunakan untuk memadamkannya?
Apakah ada kondisi atau material yang tidak boleh berhubungan dengan bahan kimia ini?

Bahaya kesehatan

Bahaya kesehatan apa saja yang dipaparkan oleh bahan kimia ini?
Tindakan keselamatan penanganan yang aman
Bagaimana cara yang benar untuk menangani bahan kimia ini dengan aman?
Nama, alamat, telpon pabrik
Siapa yang membuat/mengimpor bahan kimia ini?

Sumber TI-HSE booklet


Baca Juga Yang Dibawah Ini:

 
About Me | Author Contact | Template Basic On Adara | Powered By Blogspot | © Copyright  2012