PERANCAH/scaffolding

About this entry

Hal yang mengerikan untuk mengetahui bahwa hampir setiap hari seorang pekerja konstruksi jatuh dari perancah dan meninggal. Dan mereka yang selamat dalam kecelakaan jatuh dari perancah sering lumpuh selama akhir hayat mereka.

Tragedi ini kadang-kadang diakibatkan oleh rancangan yang salah atau konstruksi yang buruk. Namun sebagian besar penyebab dasarnya adalah perawatan yang buruk atau pemakaian yang tidak benar

Orang yang praktis, berpandangan jauh ke depan “tetap menjejakkan kedua kaki di tanah." Dan pekerja konstruksi praktis yang berpandangan jauh ke depan tetap menjejakkan kedua kaki di perancah. Ini caranya agar anda merasa pasti untuk menjejakkan kaki anda disana:

Periksa perancah setiap hari sebelum anda mempercayakan hidup anda padanya. Periksa pagar pengaman, penyambung, pengikat, injakan, sambungan, dan penyangga.

· Periksa untuk memastikan anjungan dipasang papan dengan rapat, berpagar, dan diikat denga aman.

· Jangan menumpuk material diatas perancah. Angkat semua perkakas dan material sisa pada akhir kerja.

· Jangan sekali-kali membebani perancah secara berlebihan. Tempatkan material yang perlu diatas titik balok penyangga dan penopang.

· Turunlah pada waktu terjadi badai atau angin kencang.

· Bantu melindungi perancah; jangan hantam perancah dengan peralatan atau material. Ketika mengangkat material dari tanah, kendalikan dengan tagline.

· Bersihkan anjungan dan area sekitarnya dari reruntuhan, alat atau material yang tak diperlukan, dan barang-barang lain yang dapat mengakibatkan anda tergelincir atau terantuk.

Berikan kepada perancah rasa hormat yang pantas diterimanya dan perancah akan melayani anda sebagai anjungan kerja yang nyaman — bukan sebagai landasan peluncuran untuk mengirim anda secepat kilat ke “Alam Baka."


Sumber TI-HSE booklet

Baca Juga Yang Dibawah Ini:

 
About Me | Author Contact | Template Basic On Adara | Powered By Blogspot | © Copyright  2012